Pariwisata Bali Tingkatkan Terus



Pulau seribu pura adalah salah satu sebutan pulau Bali. Mengingat di Pulau Bali adalah sebagian besar menganut agama Hindu. Pura di Bali bukan hanya sekedar tempat persembahyangan bagi umat hindu namun kini juga sebagai tempat wisata. Keindahan alam dan budaya di Bali mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, tak heran setiap tahun banyak wisatawan datang ke Bali hanya untuk melihat apa itu pulau Bali. Bukan hanya itu keindahan pulau Bali sering dijadikan tempat untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan dan acara-acara berkelas dunia. 

Pertumbuhan pariwisata di Bali saat ini seakan-akan mengalami kemunduran dibanding pariwisata tahun 1980-an. Kenapa hal itu terjadi? Perkembangan pariwisata seharusnya diikuti oleh kualitas pariwisata itu sendiri. Dahulu pengeluaran wisatawan per orang bisa mencapai 300 dolar dengan lama tinggal mencapai 14 hari, namun sekarang meskipun jumlah wisatawan membludak, pengeluaran wisatawan per orang mencapai 100 dolar dengan lama inap hanya 3 hari. Penyebabnya bisa saja karena pergeseran konsep pariwisata yang hanya dulunya pariwisata masal diubah ke pariwisata minat.  Hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Bali. Yang dimaksud pariwisata minat adalah wisatawan datang ke Bali dan menghabiskan waktu di Bali dengan demikian secara otomatis wisatawan akan mengahbiskan uang yang lebih besar. Pariwisata minat bisa diambil contohnya seperti pariwisata spiritual, budaya, golf dan lain sebaginya.
Pariwisata minat akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Bali. Dengan lama tinggal yang panjang tentunya tingkat konsumsi wisatawan juga akan banyak hal ini mendorong perkembangan pendapatan masyarakat Bali. Konsep pariwisata ke depan diharapkan jangan mengalami pergeseran perlu juga diadakan desa wisata, sehingga wisatawan berlama-lama di Bali.
Saat ini yang hanya bisa menikmati pariwisata Bali hanyalah pemodal besar, investor, pemilik ravel, restoran dan villa saja. Sedangkan masyarakat kecil hanya mendapat sebagian kecil saja dari pariwisata Bali. Peran orang Bali pun sekarang cukup kecil dalam pariwisata Bali. Masyarakat Bali cenderung menjadi penonton saja, hal inilah perlu dicarikan solusi oleh pemerintah Bali. Maju terus pariwisata Bali semoga selalu dalam keadaan nyaman dan aman.